Wednesday, March 28, 2012

Langkah - Langkah Nge-RIP DVD



Begini lho, kadang-kadang kan kita pasti pengen nyimpen film dari dvd di harddisk, tapi kita pasti mikir dua kali dong? DVD ukurannya 4.5GB, kalo di-copy begitu aja, pasti setidaknya kita butuh space segitu, dan itu sangat tidak berperike-harddisk-an! Space segitu mending buat nyimpen yang laen, kan lumayan!

Nah, jadi daripada copy langsung DVD-nya, mending kita RIP aja! Lumayan lah, ukuran file pasti relatif kecil, tapi itu juga tergantung sama kualitas RIP yang kita pengen. Untuk nge-RIP DVDnya kita butuh satu tool yaitu Avidemux, silahkan donlot Avidemux-nya disini: http://fixounet.free.fr/avidemux/download.html

Ukuran progrmnya kecil, jadi gak bakal terlalu lama downloadnya. Setelah download Avidemux, seperti biasa kita install dulu programnya. Setelah selesai, kita copy dulu dvd-nya ke harddisk. Kalo gw biasanya Cuma copy folder VIDEO_TS aja, soalnya seringnya folder AUDIO_TS ga ada isinya. 



Setelah itu klik File – Open atau Ctrl+O biar cepet, terus pilih VTS_02_1.VOB

(Klik gambar untuk memperbesar)

Klik Open, trus akan ada kotak dialog kayak dibawah ini:
(Klik gambar untuk memperbesar)

Klik Yes, lalu kita bakal ditanya apakah file-file ini akan dijadikan satu file, klik Yes kalo mau digabung, kalo nggak ya klik No aja. :)
(Klik gambar untuk memperbesar)

Lalu ditunggu dulu….
(Klik gambar untuk memperbesar)

Kalo indexing  nya udah beres, pilih codec buat video nya.. Kalo gw sih lebih suka pake MPEG-4 AVC, lalu klik tombol Configure, di bagian Encoding mode pilih Constant Bitrate (Single Pass), lalu dibawahnya ketik berapa bitrate nya. Semakin gede bitrate-nya, kualitas videonya juga semakin bagus. Disini gw cuma set bitrate videonya ke 800kbit/s, gambarnya lumayan lah..
(Klik gambar untuk memperbesar)

(Klik gambar untuk memperbesar)

Kalo udah selesai klik OK, trus biar gambarnya gak terlalu jelek, kita pake Filter. Klik tombol Filter (di bawah tombol Configure di langkah sebelumnya), lalu tambahin filter (klik 2x di namanya) Sharpen sama Soften di bagian Sharpness. Untuk setting Soften, biasanya gw pake set Luma threshold=3, Chroma threshold=3, Radius=1.

Untuk Audio, kalo untuk film biasa gw pake MP3 128kbps, kalo untuk video musik atau konser, gw pilih bitrate audio yang rada tinggi, minimal 160kbps, biar kualitas suaranya lebih bagus. Abis setting audio kita pilih format videonya. Kalo gw sih senengnya pake format MKV. Setelah itu, pilih File – Save as – Save Video, trus masukkin nama sama format videonya, misalnya G3.mkv
(Klik gambar untuk memperbesar)

Tunggu prosesnya sampe beres. Biasanya sih agak lama, apalagi kalo filter videonya banyak. Untuk video G3 ini, kira-kira ngabisin waktu 2jam di laptop gw. Sambil nunggu bisa browsing internet dulu atau maen game. Kalo udah selesai, bisa dihapus tuh folder VIDEO_TS nya…
Ya mungkin cuma segitu aja dulu dari gw. Kalo misalnya elo mau masukkin artikel ini di blog lu, tolong cantumin LINK sumber ke blog ini ya! Kalo ada pertanyaan tulis aja di komentar! Ciao!

2 comments:

Silahkan pos komentarnya... :)